Monday, December 6, 2010

Memperbaiki Service Print Spooler yang hilang


Masalah printer yang ngadat tidak bisa mencetak / ngeprint biasanya sering kita jumpai terutama untuk printer yang dipake bersama-sama (di-share). Diantara penyebabnya (yang saya ketahui) telah saya jelaskan dalam artikel tentang tips mengatasi printer printer yang tidak bisa ngeprint beberapa waktu yang lalu. Dalam postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara memperbaiki service print spooler yang hilang dari jendela windows services.


Kejadian Service Print Spooler yang hilang dari jendela services windows saya alami ketika saya telah meng-cloning hardisk ke hardisk yang lain dengan menggunakan norton ghost. Setelah hardisk hasil cloning dipasang dan komputer dijalankan semuanya berjalan tampak normal, tetapi ketika hendak meng-add printer terjadi error yang menyatakan service print spooler tidak running.

Saya pun kemudian menuju jendela windows services dengan cara klik start - run ketik: services.msc untuk mengaktifkan / start service print spooler, tetapi setelah saya cari-cari ternyata Service Print Spooler telah hilang dari jendela  Services. Akhirnya saya mencoba melakukan troubleshooting sebagai berikut:
  1. Memastikan file spoolsv.exe dan folder spool terdapat pada folder C:\WINDOWS\system32 dan ternyata masih ada dan tampak normal.
  2. Masuk ke registry editor, klik start - run ketik: regedit dan mencari "print spooler" dan ternyata lokasinya ada di HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Spooler.
  3. Sayapun kemudian membandingkan isi key registry tersebut dengan komputer yang lain, dan ternyata isinya berbeda.
  4. Akhirnya saya meng-import key spooler tersebut dari komputer yang normal dan setelah selesai komputer kemudian di-restart.
  5. Setelah komputer di-start lagi, Alhamdulillah service print spooler telah nongol lagi dijendela Windows Services.
  6.  
                                                 

No comments:

Post a Comment